Sabtu, 19 Oktober 2013

Kunci Pengerjaan Matematika SD/MI


MATEMATIKA SD/MI
No
KOMPETENSI
INDIKATOR
1
Memahami konsep dan operasi hitung bilangan bulat serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari
1.         Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan cacah.
Cara Mengerjakannya:
-          Kerjakan dulu yg ada dalam kurung.
-          Dahulukan perkalian/pembagian daripada penjumlahan/pengurangan dengan cara diberi tanda kurung (…)
-          Perhatikan tanda – (negative) dan + (positif) pada perkalian/pembagian yaitu tanda berbeda hasil negative, tanda sama hasil positif
Contoh : 75 + 125 : 5 – 55 = …
               75 + (125:5)  – 55 =
               75 + 25 – 55 = 45


2.         Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung campuran bilangan cacah
Cara Mengerjakannya:
-          Kerjakan dulu yg ada dalam kurung.
-          Dahulukan perkalian/pembagian daripada penjumlahan/pengurangan dengan cara diberi tanda kurung (…)
-          Perhatikan tanda – (negative) dan + (positif) pada perkalian/pembagian yaitu tanda berbeda hasil negative, tanda sama hasil positif
Contoh : 


3.      Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan bulat
Cara Mengerjakannya:
-          Kerjakan dulu yg ada dalam kurung.
-          Dahulukan perkalian/pembagian daripada penjumlahan/pengurangan dengan cara diberi tanda kurung (…)
-          Perhatikan tanda – (negative) dan + (positif) pada perkalian/pembagian yaitu tanda berbeda hasil negative, tanda sama hasil positif
Contoh :

Memahami konsep dan operasi hitung bilangan pecahan serta dapat meng-gunakan dalam kehidupan sehari-hari
4.      Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan.
Cara Mengerjakan
-          Ubahlah menjadi pecahan yang sama (decimal/biasa/persen).
-          Lalu kerjakan sesuai dengan cara nomor 3


5.      Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian berbagai bentuk pecahan.
Cara Mengerjakan
-          Ubahlah menjadi pecahan yang sama (decimal/biasa/persen).
-          Lalu kerjakan sesuai dengan cara nomor 3
-          Setelah itu sesuaikan dengan pecahan yg diminta


6.      Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan skala dan perbandingan
Cara Mengerjakan
-          Ingat rumus skala = Jarak Sebenarnya : Jarak Peta
-          Ingat Rumus Perbandingan = Angka yang dicari dibagi Jumlah Angka Perbandingan dikali Jumlah Data
-          Contoh perbandingan A : B : C adalah 2 : 3 : 4  Jumlah angka pembanding 9, jumlah data 54
-          Maka A = 2/9 x 54 = 12     B = 3/9 x 54 = 18 dst
-          Kalau selisih B dengan A = B-A = 18-12 = 6
-          Kalau Jumlah B dan A = B+A = 18+12 = 30


7.      Siswa dapat menentukan urutan berbagai bentuk pecahandari besar ke kecil atau sebaliknya
Cara Mengerjakan
-          Ubahlah menjadi pecahan yang sama (decimal/biasa/persen).
-          Setelah itu sesuaikan dengan pecahan yg diminta

Memahami dan menggunakan factor dan kelipatan dalam pemecahan masalah
8.      Siswa dapat menentukan KPK atau FPB dari dua bilangan dalam bentuk faktorisasinya
Cara Mengerjakan
1.      Angka yang dipergunakan untuk membuat pohon factor adalah bilangan prima yaitu 2, 3, 5, 7, 11, 13, 17 dst)
2.      Jumlah angka sama dihitung dan dijadikan pangkat
3.      Kalikan semua bilangan primanya dengan pangkatnya dari terkecil


9.      Siswa dapat menyelesaikan FPB atau KPK dari tiga bilangan dua angka
Cara Mengerjakan FPB
-          Buatlah pohon factor, kemudian cari bilangan yg sama dan bilangan berpangkat paling kecil kemudian kalikan.
Cara Mengerjakan KPK
Buatlah pohon factor, kemudian cari bilangan yg berpangkat paling besar kemudian kalikan dengan semua bilangan prima.


10.  Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan KPK
Cara Mengerjakan KPK
Buatlah pohon factor, kemudian cari bilangan yg berpangkat paling besar kemudian kalikan dengan semua bilangan prima.


11.  Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan FPB
Cara Mengerjakan FPB
-          Buatlah pohon factor, kemudian cari bilangan yg sama dan bilangan berpangkat paling kecil kemudian kalikan.

Memahami konsep dan operasi hitung bilangan berpangkat dan penarikan akar pangkat 2 atau 3
12.  Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan bilangan pangkat dua
1² = 1 x 1 = 1         6² = 6 x 6 = 36       
2² = 2 x 2 = 4         7² = 7 x 7 = 49
3² = 3 x 3 = 9         8² = 8 x 8 = 64
4² = 4 x 4 = 16       9² = 9 x 9 = 81
5² = 5 x 5 = 25


13.  Siswa dapat menentukan hasil penarikan akar pangkat tiga dari suatu bilangan pangkat tiga
1³ = 1x1x1 = 1         6³ = 6x6x6 = 216       
2³ = 2x2x2 = 8         7³ = 7x7x7 = 343
3³ = 3x3x3 = 27       8³ = 8x8x8 = 512
4³ = 4x4x4 = 64       9³ = 9x9x9 = 729
      5³ = 5x5x5 = 125


14.  Siswa dapat penyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penarikan akar pangkat tiga.
Cara Mengerjakan:
-          Kalau di atas 1000 dan di bawah 8000 maka angka depannya 1 (10).
-          Bilangan satuannya lihat angka paling belakang pada bilangan pangkat tiga.
Contoh:
√1.728 = maka jawabnya 1 dari angka paling depan,
Dan karena angka paling belakang 8, maka bilangan satuannya adalah 2 karena 2³ = 8

2
Memahami konsep ukuran waktu panjang, berat, panjang, luas, debit volume, dan konsep jarak dan kecepatan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
15.     Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan satuan waktu atau satuan panjang yang disajikan dalam soal cerita sederhana.
Cara Mengerjakan (Hafalkan satuan waktu ini)
1 jam = 60 menit = 3600 detik
1 menit = 60 detik
1 km = 1000 m, 1 m = 100 cm,


16.      Siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan satuan debit atau satuan volume.
Cara Mengerjakan : Hafalkan rumus di bawah
Debit = Volume : Waktu
Volume = Debit x Waktu
Waktu = Volume : Debit


17.     Siswa dapat menentukan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan satuan berat atau satuan luas
Cara Mengerjakan
1.      Hafalkan satuan2 di bawah ini:
2.      Satuan Berat                          Satuan Luas     
      1 kg = 10 ons (hg)             1 ha = 10.000 m²
      1 ton = 1000 kg                 1 are (dam²) = 100 m²
      1 kw = 100 kg                   
      1 ons = 100 mg


18.      Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu.
Cara Mengerjakan : Hafalkan rumus di bawah
Kecepatan = Jarak : Waktu
Jarak = Kecepatan x Waktu
Waktu = Jarak : Kecepatan
3
Memahami konsep, sifat dan unsure- unsur bangun datar serta hubungan antar bangun dan dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah
19.      Siswa dapat menentukan bentuk bangun datar dari beberapa sifat-sifat bangun yang disajikan atau sebaliknya
Cara Mengerjakan
Hafalkan sifat2 bangun datar


20.      Siswa dapat menentukan hasil pencerminan dari gambar suatu bangun datar yang disajikan
Cara Mengerjakan
Perhatikan gambarnya harus saling bertentangan atau berhadapan


21.     Siswa dapat menentukan unsur-unsur yang ada pada bangun ruang yang disajikan (titik sudut, sisi, atau rusuk).



22.     Siswa dapat menentukan satu pasang bangun yang sama dan sebangun dari beberapa gambar yang disajikan.


23.     Siswa dapat menentukan jaring-jaring suatu bangun ruang.
3
Memahami konsep luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
24.     Disajikan gambar bangun datar dengan ukuran yang ditentukan, siswa dapat menghitung luasnya.
Cara Mengerjakan
Hafalkan rumus2 bangun datar
Persegi panjang (L) = panjang x lebar
Persegi (L) = sisi x sisi
Trapezium (L) = atas+bawah  x tinggi
                                   2  
 Jajaran genjang (L) = alas x tinggi
 Segitiga (L) = ½ x alas x tinggi
Layang2  (L) = ½ x diagonal x diagonal
Belah Ketupat (L) = ½ x diagonal x diagonal


25.     Siswa dapat menentukan luas gabungan atau irisan dari dua bangun datar sederhana.
Cara Mengerjakan
Hafalkan rumus2 bangun datar
Persegi panjang (L) = panjang x lebar
Persegi (L) = sisi x sisi
Trapezium (L) = atas+bawah  x tinggi
                                   2  
 Jajaran genjang (L) = alas x tinggi
 Segitiga (L) = ½ x alas x tinggi
Layang2  (L) = ½ x diagonal x diagonal
Belah Ketupat (L) = ½ x diagonal x diagonal



26.     Siswa dapat menentukan luas bagian lingkaran (misal setengah lingkaran).
Cara Mengerjakan
Hafalkan rumus luas lingkaran
Satu Lingkaran (L)  = π r²  r (jari) = ½ x diameter
¼  Lingkaran (L)  = ¼ π r²     π = 22/7 atau 3,14
½  Lingkaran (L)  = ½ π r²
¾ Lingkaran (L)  = ½ π r²

Memahami konsep volume bangun ruang sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
27.      Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volume kubus atau balok.
Cara Mengerjakan
Hafalkan rumus volume kubus dan balok.
Volume Kubus = sisixsisixsisi  atau  bilangan kubik
Volume Balok  = panjang x lebar x tinggi



28.      Siswa dapat menentukan volume prisma segitiga dari suatu gambar yang ukurannya diketahui.
Cara Mengerjakan
Hafalkan rumus volume Prisma Segitiga.
Volume = Luas Alas x tinggi atau LAxt
Volume = ½ x alas x tinggi  x tinggi atau 1/2 xaxtxt


29.      Siswa dapat menentukan volume tabung dari suatu gambar tabung yang ukurannya diketahui.
Cara Mengerjakan
Hafalkan rumus volume Tabung
Volume  (V)  = π r²t       r (jari) = ½ x diameter
π = 22/7 atau 3,14

4
Memahami konsep koordinat untuk menentukan letak benda dan mengguna-kannya dalam pemecahan masalah
30.      Diberikan beberapa titik pada bidang koordinat, siswa dapat menentukan koordinat salah satu titik.
Caranya:
-          Titik koordinat terdiri dari sumbu x dan y
-          Titik B (x=garis mendatar, y=garis vertical)
Maka ditulis B (x,y)

5
Mamahami konsep pengum pulan dan penyajian data ser ta menerapkannya dalam pemecahan masalah
31.      Siswa dapat menentukan banyak data dari suatu gambar diagram batang yang disajikan (terbanyak, terendah, selisih).


32.     Siswa dapat menentukan banyak data pada diagram lingkaran yang disajikan (data dari persentase atau besar sudut tertentu)
Caranya : Perhatikan Persen atau derajat
Persentase = 100% - (25 % + 15 % + 35 %)
                  = 100 % -75 % = 25 %
                  = 25/100 x Jumlah yang diketahui (total)
Derajat      = 360º - (125 º + 90º + 45º)
                  = 360º - 260 º  = 100 º
                  = 100º/360º x Jumlah yg diketahui (total)


33.     Siswa dapat menentukan diagram batang dari data yang disajikan dalam bentuk tabel.


34.     Siswa dapat menentukan salah satu unsur dari data yang disajikan dalam bentuk diagram batang atau lingkaran.
Caranya : Perhatikan Persen atau derajat
Persentase = 100% - (25 % + 15 % + 35 %)
                  = 100 % -75 % = 25 %
                  = 25/100 x Jumlah yang diketahui (total)
Derajat      = 360º - (125 º + 90º + 45º)
                  = 360º - 260 º  = 100 º
                  = 100º/360º x Jumlah yg diketahui (total)

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data
35.     Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan data (rentang banyak data 6 – 10 data).
Cara Mengerjakan
Rata2 = Jumlah total : Jumlah data


36.      Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari data berbentuk tabel (banyak data kurang dari 20 data).
Cara Mengerjakan
Rata2 = Jumlah total : Jumlah data


37.      Siswa dapat menghitung nilai rata-rata dari sajian data berbentuk diagram batang.
Cara Mengerjakan
Rata2 = Jumlah total : Jumlah data


38.      Siswa dapat menentukan nilai median dari sekumpulan data tunggal yang disajikan.
Cara Mengerjakan
-          Urutkan data dari yang terkecil
-          Bila jumlah angkanya ganjil (misal 9 angka) maka angka kelima adalah median.
-          Bila jumlah angkanya genap (misal 10 angka) maka angka kelima dan keenam dijumlah kemudian dibagi 2, hasilnya itu adalah median.


39.      Siswa dapat menentukan nilai modus dari data yang disajikan dalam bentuk soal cerita.
Modus adalah angka yang paling banyak jumlahnya. Contoh 4, 6, 7, 7, 7, 8, 9 maka modusnya adalah 7


40.     Siswa dapat menentukan selisih nilai tertinggi  dan terendah dari data yang disajikan.
Caranya Angka tertinggi dikurangi dengan angka terendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar